Penyebab Trombosit Turun Dan Cara Penanganannya

Trombosit Turun pada Pasien Demam Berdarah  Penyebab Trombosit Turun dan Cara Penanganannya
Trombosit Turun pada Pasien Demam Berdarah disebut trombositopenia, dan ada memang beberapa penyakit yang menciptakan trombosit menjadi sangat rendah, dan tentu banyak diketahui yaitu Demam Berdarah atau (DBD). Kondisi  ini sangat berbahaya apabila tidak segera menerima sumbangan yang sempurna dan cepat.

Selain Demam Berdarah, penyebab trombosit turun yang lain yaitu kehamilan, persalinan, perdarahan, penyakit autoimun (kondisi gangguan kesehatan trombosit dihancurkan oleh sistem imun sendiri), Kurangnya produksi (penyakit pada anemia aplastik), adanya kuman dalam darah (bekteremia), Penyakit cacar air, kanker, dan radiasi.

Trombosit atau disebut juga platelet (keping darah), yaitu sel kecil yang ada di dalam darah yang berfungsi untuk membantu pembekuan darah, sehingga apabila terjadi pendarahan baik itu pendarahan internal (tak terlihat lantaran di organ dalam) atau pendarahan eksternal (yang sanggup kita lihat, seperti: mimisan, berak darah, atau bintik-bintik merah pada kulit atau ptekie) sanggup segera berhanti. Secara normal umur Trombosit hanya sekitar 9 hari dalam fatwa darah dan secara konstan akan digantikan dengan sel-sel darah gres yang dibuat oleh sum-sum tulang.

Jumlah trombosit yang normal yaitu 150.000 hingga 450.000 per mikro-liter darah, sedangkan pada pasien Demam Berdarah, Jumlah trombosit hanya dibawah 100.000. Sehingga kembali normalnya trombosit pada penderita demam berdarah sangat penting, lantaran apabila terjadi pendarahan dalam sanggup membahayakan kehidupannya.

Cara Menaikkan Trombosit Dengan Cepat baik itu yang disebabkan lantaran Demam Berdarah atau lantaran gangguan kesehatan lain yaitu dengan Konsumsi makan masakan yang sehat, Menjauhi masakan kuliner yang tidak sehat ibarat makan masakan instan, perbanyak minum air hangat, Istirahat dan tidur cukup.

Agar Trombosit cepat naik pasien demam berdarah sebaiknya juga mengkonsumsi Makanan yang mengandung Vitamin B12, asam folat, asam lemak omega-3, Suplemen Vitamin dan Mineral, menghindari konsumsi obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) yang sanggup menghambat produksi dan fungsi trombosit, ibarat Ibuprofen dan Aspirin. Selain Cara menghindari menurunnya Trombosit tersebut diatas, anda juga harus menghindari aktifitas yang berisiko tinggi menyebabkan luka.

Ringkasan:
  • Penyebab Trombosit Turun yang paling sering yaitu adanya penyakit demam berdarah,
  • Cara Penanganan Trombosit Turun yaitu dengan mengkonsumsi masakan sehat, dan istirahat tidur yang cukup,
  • Trombosit dikatakan rendah apabila  berjumlah dibawah 100.000 per mikro-liter darah.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Puting Susu Bersembunyi

Gejala Abuh Polio Pada Anak

Konsumsi Obat Untuk Ibu Hamil Yang Sakit