Tips Menentukan Alat Kontrasepsi Yang Tepat

Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat merupakan hal yang penting untuk di ketahui bagi setiap pasangan suami istri yang ingin mengatur jarak kehamilan atau melaksanakan aktivitas KB. Hal ini tentu berkaitan dengan kesejahteraan dan masa depan bawah umur terutama persoalan pendidikan. Dengan memakai Alat Kontrasepsi diperlukan sanggup membantu sebuah keluarga memenejemen kebutuhan materi dan pendidikan anak sehingga kondisi perekonomian keluarga sanggup tertata dengan tepat.

Masing-masing pilihan Alat Kontrasepsi mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Dan untuk Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat sebaiknya anda berkonsultasi dengan pasangan dan bidan atau dokter. Alat kontrasepsi sendiri terbagi menjadi Alat Kontrasepsi hormonal dan Alat Kontrasepsi non hormonal.

Alat Kontrasepsi hormonal yaitu alat kontrasepsi sanggup mensugesti  fungsi hormon pemakai, sedangkan Alat Kontrasepsi non hormonal tidak akan mensugesti dengan fungsi hormon. Pada kesempatan ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menunjukkan Tips kepada anda beberapa langkah yang dilakukan untuk menentukan Alat Kontrasepsi yang digunakan, diantaranya adalah:

Pertama anda harus menentukan Tujuan Dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi, apakah untuk mengatur jarak kehamilan atau memang tidak ingin lagi mendapat kehamilan alasannya yaitu memang usia yang tidak lagi produktif atau memang alasannya yaitu penyakit yang tidak memperbolehkan anda untuk hamil kembali.

Apabila Tujuan Penggunaan Alat Kontrasepsi Maka yaitu untuk mengatur jarak kehamilan sampai saatnya anak anda cukup besar, anda sanggup menentukan alat kontrasepsi spiral atau IUD yang berjangka waktu 5 tahun, Pil KB, Suntik KB, Susuk atau Kondom. Dan apabila penggunaan Alat kontrasepsi yaitu supaya benarbenar tidak terjadi kehamilan kembali, sebaiknya anda  melakukan steril (baik suami atau istri)

Langkah kedua yaitu anda harus memahami Berbagai Jenis Alat Kontrasepsi dengan Tingkat Kefektifan. Saat ini aneka macam jenis alat kontrasepsi yang sanggup anda pilih seperti;
  • Steril (Vasektomi dan Tubektomi), mempunyai tingkat kefektifan 100%
  • Pil KB, Memiliki tingkat kefektifan hampir 100%
  • KB Suntik, Memiliki tingkat kefektifan m hampir 100%
  • KB Susuk, Memiliki tingkat kefektifan hampir 100%
  • Spiral (IUD), Memiliki tingkat kefektifan 97 – 98%
  • Kondom,  Memiliki tingkat kefektifan 90 – 98%
Langkah ketiga dalam Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat yaitu anda harus paham juga mengenai Efek Samping Dari Alat Kontrasepsi Yang Akan Digunakan, alasannya yaitu memang beberapa Alat Kontrasepsi sanggup menyebabkan imbas samping terutama ketika awal penggunaan. Adapun egek samping penggunaan alat kontrasepsi ibarat Sering Mengalami Sakit kepala, Haid tidak teratur, Terdapat bercak maupun cairan dari alat kelamin, Merasakan Mual, Mengalami Perubahan mood, Payudara menjadi tidak kencang atau bahkan mengalami Kram.

Ringkasan:
  • Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pasangan didampingi oleh Bidan atau Dokter Spesialis,
  • Alat Kontrasepsi terbagi menjadi hormonal dan non hormonal, yang keduanya mempunyai tingkat kefektivan hampir 100%,
  • Alat kontrasepsi Hormonal sering emmicu imbas samping ibarat menstruasi tidak teratur, perubahan mood dan berat badan.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Puting Susu Bersembunyi

Gejala Abuh Polio Pada Anak

Konsumsi Obat Untuk Ibu Hamil Yang Sakit